Kepulauan Banda di Maluku

Indonesia adalah negara yang kaya akan keindahan alamnya, terutama keindahan alam bawah laut. Air yang jernih, terumbu karang yang beraneka ragam bentuk dan warna, serta hewan-hewan laut yang berenang bebas, merupakan panorama yang sangat cantik dan menakjubkan. Tempat wisata pada posting-an kali ini, merupakan surga bagi para penyelam dari seluruh dunia, untuk menjelajahi tempat menyelam paling terpencil dan sangat alami di dunia. Berikut ini adalah sekilas informasi mengenai Kepulauan Banda yang indah, di Provinsi Maluku, Indonesia ❤

Kepulauan yang satu ini berada di Laut Banda, ±140 km selatan Pulau Seram, 2.000 km timur Pulau Jawa, dan 132 km tenggara Ambon. Kepulauan Banda memiliki luas 180 km²

Kepulauan Banda, Maluku

Sejarah Kepulauan Banda, Maluku

Sejak abad pertama Masehi, Kepulauan Banda telah menjadi produsen tunggal rempah-rempah, seperti pala dan fuli. Kepulauan Banda dikunjungi oleh banyak kapal dari Cina, India, dan Arab. Rempah-rempah ini sangat berharga dan dijual dengan keuntungan yang sangat besar di pasar dunia saat itu.

Daya Tarik Kepulauan Banda, Maluku 

Kepulauan Banda adalah sekumpulan pulau yang terdiri dari tiga pulau besar dan tujuh pulau yang lebih kecil. Kepulauan ini berada di tepi jurang bawah Laut Banda. Perairan di sini dapat mencapai kedalaman lebih dari 6.500 meter.

Terumbu Karang di Kepulauan Banda, Maluku

Dua pulau yang terbesar, yaitu Pulau Banda Besar dan Pulau Naira, ditumbuhi banyak pohon pala. Sedangkan pulau yang ketiga, yaitu Pulau Gunung Api merupakan gunung berapi aktif.

Di perairan sekitar pulau-pulau ini, kamu akan menemukan taman-taman bawah laut paling spektakuler. Kamu bisa menikmati keindahan karang dan ikan berwarna-warni, berenang di air sebening kristal, menyelam, snorkeling, atau sekadar tamasya saja.

Tempat penyelaman yang pertama adalah Sonegat, di sini kamu bisa melihat banyak ikan tuna berukuran besar, ikan Girdled biru, dan angel fish.

Tempat penyelaman yang kedua adalah Pulau Keraka (Pulau Kepiting), di sini kamu akan menemukan dinding kecil ditutupi ratusan tunicates besar warna biru dan kuning, ikan karang dan barracuda sepanjang 0,5 meter.

Tempat penyelaman yang ketiga adalah Pulau Sjahrir Batu Kapal, kamu bisa menyelam di sini pada pagi atau sore hari dan piknik di pantai.

Biota Laut di Kepulauan Banda, Maluku

Tempat penyelaman yang keempat adalah Pulau Lontar, yang menawarkan beberapa situs menyelam menakjubkan.

Tempat penyelaman yang kelima adalah Batu Belanda, di sini kamu bisa menemukan banyak barel, tabung busa, gua-gua kecil, celah batu, ikan snappers, ikan kaisar besar, Girdled angel fish biru, keling, ikan bersirip besar, dan banner fish.

Tempat penyelaman yang keenam adalah Pulau Ai, yang dikelilingi tembok karang sempurna, penuh dengan gua-gua, dan merupakan habitat dari harbors fish.

Tempat penyelaman yang terakhir adalah Pulau Hatta, di sini terdapat Atol Skaru, yaitu karang yang hampir tenggelam dengan jarak beberapa ratus meter dari Pulau Hatta. Di antara koral-koral, kamu bisa menjumpai Unicorn fish, Fusiliers, ikan jack, rainbow runners, whitetip sharks, napoleon wrasse, dogtooth tuna, dan kura-kura sisik.

Sail Banda 2010 di Kepulauan Banda, Maluku

Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan acara Sail Banda. Sail Banda adalah acara yang menarik minat para pelaut dari seluruh dunia, datang ke Banda untuk menaklukkan kondisi lingkungan yang menantang dan berangin ini.

Para pengunjung juga bisa datang ke Kota Bandaneira. Di sini, kamu dapat berjalan-jalan dan melihat sisa-sisa reruntuhan dari masa kolonial. Tempat ini sangat cocok untuk diabadikan dalam kamera.

Jangan khawatir jika kamu lupa membawa bekal 🌯 🍸  Kamu bisa mencicipi menu terbaik di Banda, yaitu makanan laut segar yang didatangkan langsung dari laut. Kamu juga bisa mencoba selai buah pala. Selain sebagai selai, pala juga tersedia dalam bentuk manisan dan irisan buah yang dikeringkan. Kalau kamu bepergian pada bulan Desember, cobalah anggur yang terlihat seperti buah zaitun, tetapi rasanya manis. Hidangan lokal lainnya adalah terung isi dengan pasta almond dan ikan saus buah pala, yang patut dicicipi.

Sumber Artikel :

1. http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=1266215

2. http://www.indonesia.travel/id/destination/403/pulau-banda

Sumber Gambar :

1. http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=1266215

2. http://www.inditourist.com/read/kepulauan-banda-keindahan-laut-di-negeri-yang-kaya-akan-rempah-rempah.html

3. http://www.elalephcruising.com/yacht-charter/banda-sea

4. https://wisatamaluku.wordpress.com/2010/11/10/sail-banda/

Sumber Video : YouTube-robbielab

Leave a comment